Contoh Balasan Surat Somasi

[Your Name] [Your Address] [City, State, ZIP Code] [Email Address] [Phone Number] [Date]

[Sender’s Name] [Sender’s Address] [City, State, ZIP Code]

Subject: Tanggapan Terhadap Surat Somasi

Dear [Sender’s Name],

Salam sejahtera,

Saya, [Your Name], dengan ini merespon surat somasi yang telah saya terima dari Anda pada tanggal [tanggal surat somasi]. Saya ingin menjelaskan beberapa hal terkait dengan isi surat somasi tersebut.

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembayaran hutang yang saya miliki kepada Anda. Saya menyadari tanggung jawab saya untuk melunasi hutang tersebut dan memberikan jaminan bahwa saya akan menyelesaikannya secepat mungkin.

Saat ini, saya menghadapi kendala keuangan yang tidak terduga yang telah mempengaruhi kemampuan saya untuk melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Saya telah melakukan upaya maksimal untuk mencari solusi yang memungkinkan saya melunasi hutang tersebut, termasuk mencari bantuan dari keluarga dan teman-teman.

Namun, saya menyadari pentingnya menyelesaikan hutang ini dan menghindari langkah-langkah hukum yang lebih lanjut. Oleh karena itu, saya mengusulkan untuk menjadwalkan pertemuan pribadi dengan Anda, jika memungkinkan, guna membahas opsi penyelesaian hutang yang bisa saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Saya sangat berharap agar Anda dapat mempertimbangkan situasi keuangan yang saya hadapi saat ini dan memberikan waktu tambahan untuk menyelesaikan hutang tersebut. Saya siap menjelaskan secara rinci situasi saya dan menyusun rencana pembayaran yang teratur agar hutang ini dapat diselesaikan secara bertahap.

Saya memahami betapa pentingnya kepercayaan dan keadilan dalam transaksi finansial seperti ini, dan saya berkomitmen untuk melakukan segala upaya yang diperlukan untuk membayar hutang ini secepat mungkin. Saya berharap agar kita dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan melalui dialog dan negosiasi.

Sekali lagi, saya meminta maaf atas keterlambatan pembayaran ini dan saya berharap dapat menyelesaikan masalah ini secara baik-baik. Saya akan menunggu tanggapan Anda dan bersedia untuk membahas lebih lanjut. Saya dapat dihubungi melalui alamat, nomor telepon, atau email yang tertera di atas.

Terima kasih atas perhatian dan pengertian Anda. Saya berharap masalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan dapat mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan antara kita.

Hormat saya,

[Your Name]